Cara Mengobati Telinga kemasukan air


Telinga kerapkali kemasukan air dikala berenang ataupun mandi. Dampaknya, Telinga terasa penuh tersumbat sehingga rungu semacam terpendam. Air yang terperangkap di saluran Telinga pula dapat memunculkan sensasi tidak mengenakkan. Tetapi, jangan takut. Terdapat banyak metode menanggulangi telinga yang kemasukan air. Ikuti penjelasannya berikut ini.

Gimana metode menanggulangi kuping kemasukan air?

Air masuk ke dalam kuping sesungguhnya bukan permasalahan sungguh- sungguh. Tanpa perawatan apapun, air bisa keluar dengan sendirinya.

Walaupun begitu, Kamu bisa hadapi peradangan kuping bila air terperangkap serta bertahan di dalam kuping dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu, yakinkan air telah keluar dari kuping sehabis Kamu berenang ataupun melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan air.

Berikut metode yang bisa digunakan buat menanggulangi Telinga kemasukan air:

  1. Goyangkan cuping telinga
  2. Miringkan kepala Kamu ke sisi kuping yang kemasukan air. Coba dahulu buat menggoyang- goyangkan kepala Kamu biar air dapat keluar. Bila tidak sukses, goyangkan cuping kuping Kamu yang kemasukan air, masih dalam posisi kepala miring sehingga bagian luar kuping Kamu menghadap bahu.
  3. Hirup air dengan telapak tangan
  4. Buat menghasilkan air, miringkan kepala Kamu ke sisi kuping yang bermasalah. Kemudian pakai telapak tangan Kamu buat menutup kuping yang tersumbat air, seakan kepala Kamu bersandar pada telapak tangan tersebut.
    Gosokkan telapak tangan Kamu pada kuping dengan gerakan naik turun supaya permukaannya terasa lebih datar. Tekan kuping Kamu dengan kokoh serta lepas dengan kilat hingga Kamu merasakan sensasi hisapan pada kuping. Air yang terjebak dalam kuping sepatutnya hendak terhisap keluar.
  5. Gerakkan rahang serta mulut
  6. Saluran kecil yang menghubungkan rongga kuping dengan bagian balik lubang hidung Kamu dapat tersumbat serta membesar sehingga air terus menjadi susah keluar. Peregangan mulut serta rahang semacam mengunyah serta menguap kadangkala dapat menolong menyejukkan saluran yang tersumbat ini. Cobalah buat menggerak- gerakan rahang serta mulut hingga kuping Kamu terasa leluasa kembali.
  7. Teteskan dengan air
  8. Siapkan air hangat( bukan air panas) serta teteskan pada kuping Kamu yang kemasukan air sembari memiringkan kepala sampai kuping yang tersumbat menghadap ke atas. Diamkan sepanjang kira- kira 3 detik serta miringkan kepala ke sisi yang bertentangan.
    Tunggu sebagian dikala dengan posisi kuping yang kemasukan air menghadap bahu hingga air mengalir keluar.
  9. Gunakan pengering rambut
  10. Atur pengering rambut( hair dryer) Kamu pada kecepatan hawa serta temperatur yang sangat rendah. Beri jarak dekat 30 sentimeter serta keringkan dengan gerakan mendekati serta menghindari kuping yang kemasukan air.Kamu dapat berupaya metode ini sembari menggoyang- goyangkan cuping kuping Kamu. Hawa panas yang ditiupkan pada kuping hendak menolong air menguap lebih kilat.
  11. Kompres hangat
  12. Kompres hangat pula dapat menolong Kamu menghasilkan air dari kuping. Berikut metode yang dapat Kamu simak:
    Basahi kain yang lembut dengan air panas( tidak butuh hingga mendidih) serta peras sampai air tidak menetes dari kain kompres
    Miringkan kepala ke sisi kuping yang bermasalah kemudian tempelkan kompres pada bagian luar telinga
    Diamkan sepanjang kira- kira 30 detik serta lepaskan
    Tunggu sepanjang satu menit saat sebelum mengompresnya lagi.
    Ulangi langkah- langkah di atas sebanyak 4 sampai 5 kali. Bila air belum keluar pula dari kuping sehabis mengompres hangat, Kamu dapat memesatkan prosesnya dengan metode tiduran.
  13. Tetes kuping dengan cuka serta alkohol
  14. Penyumbat kotoran kuping bisa jadi jadi pemicu dari air masuk ke kuping. Oleh sebab itu, metode menanggulangi kuping kemasukan air berikutnya merupakan dengan mengurai gumpalan kotoran kuping( serumen).
    Berikut metode yang dapat Kamu jalani buat meracik obat tetes rumahan buat menanggulangi kuping kemasukan air:
    Gabungkan cuka serta alkohol dalam takaran yang balance, kira- kira dengan perbandingan 1: 1
    Teteskan sebanyak 3 hingga 4 tetes pada kuping yang kemasukan air
    Pijat ringan bagian luar kuping Anda
    Bila air susah keluar dari kuping Kamu sebab tersumbat serumen, cuka hendak menolong memecah gumpalan membandel ini. Sedangkan itu, alkohol dapat memesatkan proses penguapan air yang terjebak dalam kuping.
  15. Perkenankan sepanjang semalaman
  16. Mayoritas permasalahan air masuk kuping hendak sembuh dengan sendirinya. Hingga, dikala Kamu hendak tidur di malam hari, miringkan badan ke sisi kuping yang bermasalah. Umumnya sepanjang Kamu tidur, air hendak mengalir keluar sendiri serta membasahi bantal di pagi hari.

Apa yang tidak boleh dicoba dalam menanggulangi kuping kemasukan air?

Dikala air tersumbat di kuping, perihal awal yang butuh diingat ialah jangan panik. Tenang, air yang masuk tidak hendak selamanya terletak di dalam.

Kala panik, Kamu malah dapat saja melaksanakan perihal yang sepatutnya tidak boleh dicoba, semacam:

1. Memakai cotton bud

Bagi para pakar, memakai cotton bud ataupun korek telinga untk menanggulangi kuping yang kemasukan air malah dapat memperparah kondisi.

Cotton bud dapat mendesak kotoran kuping serta air masuk lebih dalam sehingga kian susah buat dikeluarkan, serta malah terperangkap di dalam.

Tidak hanya itu, korek telinga pula dapat menimbulkan gendang kuping tertusuk. Kala gendang kuping terluka ataupun apalagi rusak, Kamu bisa- bisa hadapi kendala rungu.

Dalam permasalahan yang parah, korek telinga pula dapat mengganggu banyak saraf di balik saluran kuping. Bila perihal ini terjalin, efeknya lumayan parah semacam tuli total, vertigo berkelanjutan dengan mual serta muntah, kehabisan sensor rada, serta kelumpuhan wajah.

Alih- alih membuat air terdorong keluar Kamu malah dapat hadapi bermacam permasalahan rungu sungguh- sungguh.

2. Mengeduk kuping dengan jari

Dikala kuping terasa kemasukan air, Kamu bisa jadi otomatis menanggulangi perihal ini dengan mengeduk telinga gunakan jari. Sementara itu, metode ini sama sekali tidak dibenarkan.

Mengeduk kuping dengan jari serta kuku yang panjang dapat membuat jaringan di saluran kuping yang sangat halus terluka. Perihal ini malah dapat membuat kuping hadapi peradangan serta terasa sakit berkelanjutan. Oleh karena itu, hindarkan jari- jari Kamu dari kuping dikala lagi kemasukan air.

3. Memakai tetes kuping memiliki hidrogen peroksida

Larutan hidrogen peroksida dapat menolong melunakkan kotoran kuping yang terjebak serta menutup saluran kuping.

Sayangnya, Kamu tidak boleh memakai produk ini bagaikan metode obat buat menanggulangi kuping kemasukan air bila:

Mempunyai peradangan kuping luar

Gendang kuping rusak ataupun rusak

Tanyakan pada dokter menimpa opsi obat tetes kuping lain yang lebih nyaman buat Kamu.

Apa bahaya yang bisa ditimbulkan akibat kuping kemasukan air?

Air yang terperangkap di dalam kuping umumnya bisa keluar dengan sendirinya. Tetapi, bila tidak, Kamu dapat hadapi peradangan kuping yang diucap dengan otitis eksterna( swimmer’ s ear).

Dilansir dari web pusat pengendalian serta penangkalan penyakit Amerika Serikat, CDC, air yang terletak di saluran kuping luar buat jangka waktu yang lama bisa menghasilkan area lembap untuk perkembangan kuman. Oleh sebab itu, resiko Kamu hadapi otitis eksterna hendak bertambah kala keadaan ini tidak diatasi.

Perhatikan indikasi otitis eksterna yang butuh Kamu was- was:

Perih dikala kuping luar ditarik ataupun dikala terdapat tekanan pada tragus( bagian kuping luar yang menonjol di liang kuping)

Gatal di dalam telinga

Ada cairan yang keluar dari telinga

Kemerahan serta bengkak di telinga

Kapan wajib ke dokter?

Bila cara- cara di atas sudah dicoba namun air tidak kunjung keluar, Kamu dapat bertanya ke dokter. Terlebih bila terdapat isyarat lain semacam:

Peradangan kuping belum lenyap sepanjang 10 hingga 14 hari sehabis memakai obat tetes kuping antibiotik

Kehabisan rungu di zona kuping yang kemasukan air

Jangan tunda periksakan diri supaya dokter dapat lekas menciptakan perawatan yang sangat pas buat Kamu.


Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
tips kesehatan